Materi Refleksi Atau Pencerminan Pada Bangkit Datar Kelas 5 Sd
HomeRUMUS MATEMATIKA SDSD

Materi Refleksi Atau Pencerminan Pada Bangkit Datar Kelas 5 Sd

Pencerminan Bangun Datar -  Apakah kalian pernah bercermin? Tentu saja kalian pernah bercermin. Nah, dikala kalian bercermin, niscaya kalia...

Pencerminan Bangun Datar Apakah kalian pernah bercermin? Tentu saja kalian pernah bercermin. Nah, dikala kalian bercermin, niscaya kalian sanggup melihat bayangan wajah atau badan kalian pada cermin tersebut. Namun, apabila kalian perhatikan, bayangan yan ada dicermin posisinya terbalik. Tangan kanan kalian akan tampak menjadi tangan kiri di cermin, begitupun sebaliknya tangan kiri kalian akan tampak ibarat asisten pada cermin tersebut. Mengapa demikian? Materi Rumus Matematika Dasar kali ini akan membahas mengenai hal tersebut.


Materi kali ini berkaitan dengan pencerminan pada bangkit datar. Pencerminan atau biasa disebut refleksi pada bangkit datar merupakan sebuah transformasi atau perpindahan suatu titik pada bangkit datar dengan memakai sifat benda dan bayangannya pada sebuah cermin datar. Oleh karenanya, kalian harus paham terlebih dahulu mengenai sifat-sifat pencerminan pada bangkit datar yang akan dijelaskan sebagai berikut:

Sifat-Sifat Pencerminan Pada Bangun Datar


Dari gambar yang ada di atas, kita sanggup menyimpulkan sifat pencerminan sebagai berikut:
  • Objek dan bayangan akan selalu sama
  • Jarak setiap titik yang ada pada objek terhadap cermin, sama persis dengan jarak setiap titik yang ada pada bayangan terhadap cermin. (s=s')
  • Tinggi bayangan akan sama dengan tinggi bayangannya (h=h')
  • Garis yang menghubungkan tiap titik pada objek dengan titik yang ada pada bayangan akan selalu tegak lurus terhadap cermin.
Sekarang coba perhatikan referensi pencerminan bangkit datar berikut ini:

 niscaya kalian sanggup melihat bayangan wajah atau badan kalian pada cermin tersebut Materi Refleksi atau Pencerminan pada Bangun Datar Kelas 5 SD

Dari gambar tersebut kita sanggup melihat sifat-sifat pencerminan sebagai berikut:
  • Luas segitiga PQR = Luas Segitiga P'Q'R' alasannya yakni Segitiga PQR kongruen dengan Segitiga P',Q',R'
  • RA = R'A, PB = P'B, dan QC = Q'C artinya, jarak titik pada setiap sudut segitiga PQR terhadap cermin sama persis dengan jaraik titik pada setiap sudut segitiga P'Q'R' terhadap cermin.
  • Tinggi segitiga PQR sama dengan tinggi bayangannya (segitiga P'Q'R')
  • Ruas garis PP', QQ', dan RR' tegak lurus terhadap garis cermin AC


Melukis Bayangan Hasil Pencerminan Suatu Bangun Datar

Sebuah bangkit dengan empat sisi ABCD dicerminkan terhadap cermin c. Perhatikan gambar dibawah ini serta langkah-langkah untuk melukis bayangannya.

 niscaya kalian sanggup melihat bayangan wajah atau badan kalian pada cermin tersebut Materi Refleksi atau Pencerminan pada Bangun Datar Kelas 5 SD

  • Tahap pencerminan:
  • Buatlah garis dari titik C, memotong garis c tegak lurus di P.
  • Ukur CP = PC'
  • Buat garis dari titik B memotong garis c tegak lurus di Q.
  • Ukur BQ = QB'
  • Buat garis titik A memotong c tegak lurus di R
  • Ukur AR = RA'
  • Buat garis dari titik D memotong garis c tegak lurus di S
  • Ukur DS = SD'

Hubungkan masing-masing titik A', B', C', dan D'. Maka akan terbentuk segi empat A'B'C'D'. Selanjutnya, sanggup kita katakan bahwa segi empat ABCD simetris dengan segiempat A'B'C'D' untuk membuktikanya silahkan kalian ukur kedua segiempat di atas dengan memakai penggaris. Apakah ukuran tiap sisi pada segiempat ABCD sama dengan tiap sisi pada segiempat A'B'C'D'?


Cukup sekian materi mengenai Refleksi atau Pencerminan pada Bangun Datar Kelas 5 SD yang sanggup disampaikan oleh Rumus Matematika Dasar. Untuk artikel selanjutnya, mungkin akan dibahas contoh-contoh soal mengenai pencerminan bangkit datar. So, simak terus artikel terbaru mengenai pelajaran matematika yang ada di blog ini. Sampai jumpa pada bahan selanjutnya!!

Name

Antropologi,1,Aplikasi,1,Asian Games,1,CONTOH SOAL,80,Ilmu Sosiologi,1,IPS.,1,Kelas XI IPA,1,Kelas XII,1,Kelas XII IPS,1,lainnya,1,MATEMATIKA DASAR,35,MATEMATIKA UMUM,11,Pendidikan,1,Pra Aksara,2,Romawi,1,RPP Sejarah,2,RUMUS MATEMATIKA SD,40,RUMUS MATEMATIKA SMA,19,RUMUS MATEMATIKA SMP,88,SD,34,Sejarah,3,Sejarah Dunia,4,Sejarah Hindu - Buddha,2,Sejarah Islam,2,Sejarah Kelas X,23,Sejarah Kemerdekaan,8,Sejarah Kls XI,1,Sejarah Kls XI Wajib,4,Sejarah Kontemporer,2,Sejarah Lokal,1,Sejarah Penjajahan,6,SMA,25,SMP,88,Soal Sejarah,1,Sosiologi,6,Special,1,TIPS,10,Umum,30,
ltr
item
Ilmu Sosial: Materi Refleksi Atau Pencerminan Pada Bangkit Datar Kelas 5 Sd
Materi Refleksi Atau Pencerminan Pada Bangkit Datar Kelas 5 Sd
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjqsOkKUgn32YiNkbNvfTSQvafN8-kaV7-Rlyp-Pn-CB_2x6DB0TXLaRzCReesXwlU4lYMKigkFNftFAzwGDLTMuWkTZ_7mB9YL9y0gfZJ0V0CT666pOHxyiCOPTbxy_qMMKvUYjpdI3Xw/s1600/Pencerminan+Bangun+Datar.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjqsOkKUgn32YiNkbNvfTSQvafN8-kaV7-Rlyp-Pn-CB_2x6DB0TXLaRzCReesXwlU4lYMKigkFNftFAzwGDLTMuWkTZ_7mB9YL9y0gfZJ0V0CT666pOHxyiCOPTbxy_qMMKvUYjpdI3Xw/s72-c/Pencerminan+Bangun+Datar.png
Ilmu Sosial
https://filososial.blogspot.com/2019/12/materi-refleksi-atau-pencerminan-pada.html
https://filososial.blogspot.com/
http://filososial.blogspot.com/
http://filososial.blogspot.com/2019/12/materi-refleksi-atau-pencerminan-pada.html
true
1286331317268049349
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy